10 Tips Manajemen Persediaan Gudang Jilid 1

Anda mungkin berpikir bahwa manajemen persediaan gudang hanya merupakan praktek pengaturan persediaan agar barang mudah ditemukan. Itu tidak salah. Namun masih banyak hal lain selain itu.

Penyusunan gudang yang baik tidak cuma meletakkan semua barang dengan tepat pada tempatnya. Pengaturan yang baik dapat meningkatkan produktivitas sambil menghemat waktu dan uang serta meningkatkan akurasi persediaan barang.

Hal ini tentu membawa dampak yang sangat baik bagi peningkatan profit usaha.

Berikut ini 3 tips manajemen persediaan gudang yang bisa Anda lakukan:

Mulai Dengan Pemeliharaan

Periksa operasional secara reguler dalam jangka waktu tertentu. Tinjau ulang penyusunan gudang Anda. Lihat beberapa hal seperti: apakah barang telah diletakkan di tempat yang mudah dan aman dijangkau oleh petugas gudang? Apakah barang-barang yang cepat datang dan dikirim sudah tertata baik dan beratnya disesuaikan dengan kemampuan angkat dari para pekerja gudang? Apa ada area tertentu untuk barang yang rusak? Apa Anda setiap hari melakukan pemeriksaan terhadap barang yang rusak tersebut?

 

Kenali Barang Yang Laku Dijual

Letakkan barang yang volume pergerakannya tinggi (karena laku dijual) di dekat area pengiriman dan mudah dijangkau. Anda akan menghemat sangat banyak waktu dan tenaga dari para petugas gudang. Mereka akan menganggap Anda sangat penuh pertimbangan dan perhatian.

 

Manfaatkan Siklus Penghitungan

Jangan menunggu sampai waktu perhitungan persediaan fisik tahunan. Lakukan pemeriksaan pengendalian persediaan barang sekarang. Terkadang perlu membuat siklus perhitungan baru misalnya setiap 4 bulan. Siklus penghitungan yang lebih pendek akan mengurangi perbedaan pencatatan dan selisih antara pencatatan dengan persediaan fisik yang nyata.

 

Masih ada 7 tips lagi di jilid 2 dan jilid 3 pada artikel selanjutnya.

Selamat mencoba 3 tips manajemen persediaan gudang ini dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *