10 Tips Optimasi Gudang Untuk Usaha Kecil Menengah Jilid 1

Posted on

Efisiensi dan akurasi adalah batu penjuru dari pelaksanaan fungsi gudang yang berjalan lancar. Berikut ini ada 5 tips optimasi gudang untuk usaha kecil menengah:

  1. Atur Sebuah Area di Gudang Sebagai Area Penyimpanan Aksesoris dan Barang Berukuran Kecil.  Dengan memisahkan barang berukuran kecil dan barang konsumsi dengan jenis barang lain di area aman dengan banyak tempat penyimpanan yang baik, manajer gudang dapat mengurangi hilangnya barang-barang kecil. Menempatkan seorang pekerja gudang sebagai supervisor khusus area ini akan sangat membantu.
  2. Letakkan Barang Lama di Bagian Depan Rak Untuk Memastikan Barang Tersebut Dikirim Terlebih Dahulu. Ini sangat penting terutama untuk usaha kecil yang menjual barang dengan masa berlaku tertentu. Juga berlaku bagi bisnis yang menjual kembali produk dengan masa garansi terbatas dari perusahaan pembuatnya.
  3. Alokasikan 2-3 Area Akses Mudah di Gudang. Pekerja gudang perlu memiliki akses yang mudah dan cepat atas barang yang sangat cepat frekuensi penjualannya. Area Akses Mudah ini tidak perlu berukuran besar. Gunakan media penyimpanan yang dapat ditumpuk untuk memaksimalkan ruang penyimpanan yang tersedia.
  4. Tempatkan Barang Berat dan Tidak Sering Dikirim Pada Bagian Atas Rak atau di Belakang Gudang. Area gudang yang tidak mudah dijangkau atau diakses sebaiknya diisi dengan barang yang tidak sering dikirim atau tidak laku terlalu cepat atau memiliki bobot yang berat.
  5. Tetapkan Standar Pengemasan Barang Dengan Hanya Menggunakan 3-5 Ukuran Kotak Berbeda. Sebagai tambahan untuk meningkatkan produktivitas pekerja gudang bagian pengemasan, batasi jumlah ukuran kotak dan peti yang dipakai. Ini akan mengurangi biaya pengemasan dan pengiriman barang sambil mempercepat proses kerja staf gudang.

Masih ada 5 tips lainnya yang bisa Anda simak minggu depan di artikel 10 Tips Optimasi Gudang Untuk Usaha Kecil Menengah Jilid 2.