Sudah Menggunakan Gudang Sesuai 4 Tujuan Ini?

Sudah Menggunakan Gudang Sesuai 4 Tujuan Ini

Gudang merupakan tempat penyimpanan. Tapi apakah hanya untuk itu saja?

Kalau hanya sekedar sebagai lokasi meletakkan barang produksi, berarti cukup luas dan aman saja yang menjadi faktor penentu sebelum membeli atau menyewa gudang.

Ternyata ada 4 tujuan penggunaan gudang.

  1. Mengurangi biaya produksi dan transportasi. Pengelolaan gudang yang baik dapat menjadi dasar penghitungan produksi barang. Jika barang yang diproduksi tepat sesuai jumlah dan jenis yang seharusnya disimpan di dalam gudang, maka biaya produksi dapat ditekan. Produksi barang tanpa memperhitungkan ketersediaan di gudang akan meningkatkan  biaya. Jarak yang tidak jauh antara gudang dengan area distribusi menjadi faktor penting dalam penghematan biaya transportasi.
  2. Melakukan koordinasi antara penawaran dengan permintaan. Permintaan pasar tidak selalu dapat diproyeksikan dengan akurat. Proses penawaran suatu barang harus terus berjalan. Perlu ada gudang untuk menyimpan barang pada saat volume produksi naik dan volume permintaan menurun.
  3. Mengikuti kebutuhan produksi. Proses produksi menghasilkan barang dengan karakteristik dan sifat yang berbeda. Secara umum, hampir semua barang hasil produksi perlu disimpan dalam gudang sebelum didistribusikan. Baik barang yang bisa langsung dikonsumsi maupun yang memang harus disimpan sebelum dikonsumsi, semua membutuhkan gudang. Hasil produksi memerlukan gudang.
  4. Menjawab kebutuhan pasar. Barang hasil produksi sangat beragam. Ada beberapa jenis barang yang selalu tinggi permintaannya. Agar pasokan barang tersebut tidak terputus maka diperlukan gudang. Terutama yang dekat dengan pasar sebagai media pendistribusian untuk memenuhi kebutuhan pasar.

 

Sudah menggunakan gudang sesuai 4 tujuan di atas?

 

 

Disadur dari Kajian Pustaka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *