5 Cara Meningkatkan Pengambilan Pesanan di Gudang (Bagian Terakhir)

5 Cara Meningkatkan Pengambilan Pesanan di Gudang (Bagian Terakhir)

Melanjutkan artikel Charles Fallon dari LIDD yang membahas 10 cara bagi manajer pusat distribusi untuk meningkatkan kinerja kru pengambilan pesanan di gudang.

Berikut ini 5 cara lanjutan dari artikel sebelumnya di sini:

#6 Tambahkan Sel Kerja

Cara ini dapat dijalankan operasi pesanan terpisah. terutama pemenuhan pesanan langsung ke konsumen.  Dalam menganalisa profil pengirimanmu, mungkin akan menyadari ada sejumlah kecil nomor SKU mencukupkan pesanan dalam jumlah besar. Dalam kasus ini, sangat masuk akal menerapkan sel kerja atau area yang pasti dimana petugas pengambil pesanan hanya dapat menemukan SKu yang diperlukan. Tergantung seberapa besar volumenya, lebih baik jika memiliki sel-sel kerja dari kelompok SKU yang sama untuk mendapatkan tingkat penerusan pesanan berkelanjutan yang tinggi dari suatu sesi kerja. Maksudnya barang lebih banyak diteruskan dari pengambilan pesanan hingga pengiriman dalam sekali sesi kerja.

#7 Mengurangi Waktu Perubahan Sistem

Sebanyak 20% dari waktu petugas pengambil pesanan dihabiskan ketika waktu perubahan sistem dari satu tugas kerja ke tugas kerja selanjutnya Lakukan segala hal yang dapat memangkas waktu perubahan sistem agar produktivitas meningkat. Ada banyak perubahan kecil yang bisa dibuat untuk mengurangi waktu perubahan sistem. Misalnya tugas kerja dialihkan pada mesin. Memberi peluang bagi petugas pengambil pesanan melakukan perjalanan maju mundur di sepanjang garis pengambilan barang untuk menuntaskan proses pengambilan barang tanpa harus mengulangi dari awal. Menyediakan palet siap diisi pada posisi yang dekat dari petugas pengambil pesanan agar ia tidak perlu mengambil palet di lokasi yang jauh.

#8 Tempat Pengambilan Ergonomis

Tempat pengambilan yang ergonomis dapat meningkatkan produktivitas petugas pengambi pesanan. Tinjau ulang keergonomisan gudang Anda setiap periode tertentu. Bayar ahli ergonomis untuk melakukan hal ini. Diskusi dengan petugas pengambil pesanan Anda dan lihat sendiri bagaimana keseharian mereka bekerja untuk menemukan solusi sederhana demi meningkatkan produktivitas dengan desain gudang yang ergonomis.

#9 Parameter Pengisian Ulang

Banyak gudang yang tak memiliki parameter pengisian ulang stok barang yang mudah terlihat jelas. Waktu kerja menjadi lebih lama dan produktivitas menurun ketika petugas pengambil pesanan tiba di tempat stok barang yang sudah habis. Ini tampaknya masalah sepele, namun parameter pengisian ulang memastikan gudang dan aktivitas di dalamnya berjalan optimal. Pasang parameter pengisian ulang yang mudah dideteksi dengan sistem pewarnaan misalnya.

#10 Tinjau Ulang Jalur Pengambilan Barang

Separuh dari waktu kerja petugas pengambil pesanan dihabiskan di jalur pengambilan barang. Meskipun nyaris semua pemilik gudang menyadari hal ini, hanya sedikit yang melakukan peninjauan ulang jalur pengambilan barang berdasarkan pengamatan yang tajam. Operator gudang perlu melihat dan mengambil keputusan untuk mempersingkat jalur pengambilan barang.

 

Selamat memaksimalkan pengambilan pesanan di gudang Anda dengan 10 tips ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *