5 Tips Mudah Untuk Menjaga Gudang Tetap Bersih

Posted on

5 Tips Mudah Untuk Menjaga Gudang Tetap Bersih - JualGudang

Tempat kerja yang bersih selalu menyenangkan. Apalagi kalau di gudang yang banyak barang tapi bisa menerapkan 5 tips mudah ini untuk menjaga gudang tetap bersih.

  1. Buat Jadwal Bebersih. Salah satu faktor penting dalam memelihara kebersihan gudang adalah membersihkannya setiap hari. Gudang itu ruang penyimpanan yang sangat besar. Terlalu mudah untuk kotor. Pastikan Anda memiliki jadwal bebersih dengan standar tertentu yang jelas.
  2. Kosongkan Tempat Sampah. Jangan biarkan sampai penuh atau tumpah. Segera kosongkan tempat sampah setelah terlihat sudah nyaris penuh.
  3. Bersihkan Sambil Jalan. Tidak peduli seberapa hebat Anda menjaga gudang tetap bersih, selama masih ada mesin yang bergerak di gudang maka pasti akan kembali kotor. Untuk itu jangan menunggu jadwal bebersih. Biasakan setiap pekerja gudang untuk membersihkan sambil mereka bekerja.
  4. Beri Area Tertentu Yang Jadi Tanggung Jawab Untuk Selalu Bersih. Kelompokkan area-area di gudang, lalu beri tugas pada setiap individu untuk menjaga areanya tetap bersih. Tanggung jawabnya sederhana saja, seperti menyapu lantai, menyingkirkan serpihan, menyeka peralatan hingga bersih dan membereskan tumpahan benda apapun.
  5. Sediakan Peralatan Pembersih Untuk Semua Staf. Tidak bisa meminta pekerja gudang membersihkan dengan baik sesuai jadwal dan area tanggung jawab mereka jika Anda belum menyiapkan peralatan yang memadai. Letakkan peralatan di tempat yang mudah dijangkau dan gampang ditemukan.

Berapa tips yang sudah Anda terapkan di gudang?

Selamat menjaga gudang selalu bersih dan rapi. Ini bagian dari meningkatkan produktivitas dan keselamatan kerja di gudang.

 

Baca juga artikel lain yang menarik:

Seri Tips Keselamatan Kerja di Gudang 4: Konsep Dasar Rak Penyimpanan

Menjaga Lantai Gudang Bersih dan Bebas Debu

Timelapse Video Tentang Pembersihan Gudang