5 Tips Manajemen Gudang (Lagi) Agar Operasi Lancar

5 Tips Manajemen Gudang (Lagi) Agar Operasi Lancar

Setelah 2 hari lalu ada 5 tips manajemen gudang, sekarang ada tambahan 5 tips lagi. Tentu saja agar operasi usaha lancar dan mendatangkan keuntungan maksimal.

Simak 5 tips manajemen gudang (lagi) agar operasi lancar:

  1. Jaga gudang tetap aman. Memelihara lingkungan gudang yang aman sangat penting untuk menjaga ketenangan pikiran. Ada beberapa ketentuan yang perlu dipenuhi. Yang utama adalah menjaga pekerja dari cedera. Kecelakaan dapat menghambat proses kerja. Salah satu area yang perlu mendapat perhatian terus-menerus adalah operasi forklift. Pastikan operatornya terlatih dengan baik. Jalur lewatnya kendaraan pengangkut ini juga perlu diatur untuk meningkatkan efisiensi dan keselamatan kerja.
  2. Perhatikan pencahayaan. Gudang yang terang dan cerah tidak hanya menjadikan lingkungan kerja lebih aman, bahkan dapat meningkatkan kemampuan pekerja gudang. Pencahayaan yang lebih terang juga membuat setiap pekerja dapat melakukan tugasnya dengan lebih awas.
  3. Berikan pelatihan. Karena proses yang terjadi di gudang berbeda dari waktu ke waktu, melatih pekerja (baik yang sudah berpengalaman maupun yang masih baru) selalu perlu dilakukan. Sisihkan waktu untuk melatih karyawan gudang. Jangan hanya mengandalkan 1-2 pegawai. Latihlah semuanya agar memiliki kemampuan berimbang.
  4. Gunakan perangkat lunak (software) yang tepat. Ada cukup banyak pilihan perangkat lunak manajemen gudang. Jika tetap tidak puas dengan yang ada, buatlah yang unik untuk jenis usaha Anda. Pengembang perangkat lunak siap membantu.
  5. Pastikan pengantaran dan layanan pelanggan yang cepat dan tepat. Entah menggunakan transportasi sendiri atau memakai jasa pihak ketiga, selalu gunakan program pelacak pengiriman barang. Anda perlu mengetahui posisi barang yang sudah dikirim. Begitu pula dengan pelanggan perlu bisa melacak lokasi barang itu. Sanggup menyediakan informasi pasti tentang tahapan pengantaran dan pelacakan barang akan memberi dampak bagi layanan pelanggan.

Sekarang sudah tahu 10 tips manajemen gudang. Lima di atas. Lima lagi di sini.

Selamat menikmati operasi usaha yang lancar jika menjalankan 10 tips ini.

 

Disadur dari Digitalist Mag.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *