Bagaimana Robot Menjadi Tangan Tambahan Bagi Pekerja Gudang?

Posted on

Bagaimana Robot Menjadi Tangan Tambahan Bagi Pekerja Gudang - JualGudang - website

Robot bukan musuh. Malah jadi seperti partner atau tangan tambahan bagi pekerja gudang. Bukan pengganti tapi pelengkap.

Robot menjadi pemandangan yang semakin akrab di gudang. Sering kali mereka berguna untuk mengotomatisasi proses yang dulunya sangat padat karya. Di beberapa negara industri, robot sekarang menjadi suatu keharusan, mengingat kekurangan tenaga kerja manual dan tantangan tambahan untuk memenuhi target produksi yang terus meningkat tanpa ruang tambahan yang tersedia.

“Kami sudah melihat solusi otomatis untuk mengoptimalkan proses masuk,” kata Sandra Lückmann, Kepala Penjualan di Sistem Logistik BEUMER Group. “Robot digunakan untuk menangani barang curah dari truk atau roller cage dan selanjutnya menyatukan barang dengan menyelaraskan dan memberi jarak yang sama pada alur masuk conveyor belt.”

 

Peran Automated Guided Vehicle

AGV (Automated Guided Vehicle) juga memiliki peran. Mereka tidak hanya menangani item di luar ukuran sebagai bagian dari proses masuk, tetapi juga mengambil alih penanganan ujung saluran secara manual, memungkinkan pengemasan otomatis. Dalam beberapa penerapan, BEUMER Group memperkirakan AGV digunakan untuk memindahkan tas jinjing untuk menyampaikan pesanan yang telah selesai ke area pengepakan, di mana robot secara otomatis memasukkan barang ke dalam karton.

“Penerapan teknologi robot berpotensi menghilangkan kebutuhan gudang untuk mencari atau melatih tenaga kerja terampil untuk tugas-tugas monoton dan manual ini, dan memungkinkan operator terlatih untuk fokus pada fungsi lain,” kata Ms Lückmann.

Otomatisasi bukanlah tentang menyingkirkan orang. Alih-alih menugaskan mereka kembali pada tugas-tugas yang lebih menarik dan rumit. Dengan demikian memastikan kesehatan dan kesejahteraan para pekerja gudang.

 

Apakah Penggunaan Robot Berarti Penghematan Biaya Tetap?

Menurut Ms Lückmann, ini sangat tergantung pada jenis robot, jam kerja, dan tingkat fungsionalitas yang dibutuhkan.

Dari pengalaman, BEUMER Group telah menemukan bahwa bahkan pada tingkat produksi yang rendah, solusi robotik dapat menghasilkan keuntungan finansial yang baik. Robot tidak hanya dapat semakin menyamai kemampuan operasi manusia untuk menangani paket non-standar, mereka juga mempertahankan tingkat efisiensi yang sama sepanjang hari dan malam dengan bekerja tanpa perlu istirahat.

Secara signifikan, dia mengungkapkan bahwa robot masih bisa hemat biaya bahkan ketika menangani volume yang relatif rendah di gudang berukuran kecil dan menengah. Hal ini terutama terjadi ketika AGV digunakan, karena jumlah yang digunakan mencerminkan persyaratan operasional yang berlaku; Hal ini sangat menarik jika solusinya didasarkan pada rencana investasi biaya per penggunaan.

“Jenis operasi gudang secara keseluruhan juga menentukan,” tegasnya, terutama jika melibatkan kerja shift malam yang berpotensi mahal. Sebaliknya, robot melakukan pekerjaan yang sama dengan biaya yang sama terlepas dari waktu kerja.

 

Menambah Nilai di Bidang Spesifik

“Di BEUMER, kami juga melihat robot dan kendaraan otonom menambah nilai di bidang yang sangat terspesialisasi,” catat Ms Lückmann. “Misalnya, pada proses sampingan, yang melibatkan volume yang lebih rendah atau item yang bergerak cepat di mana pemasangan conveyor belum tentu masuk akal. Sebaliknya, untuk tugas ini, “robot seluler”, atau AGV, bisa menjadi solusi terbaik untuk pergerakan transportasi internal.”

Dia mengakui bahwa masih banyak hal yang harus ditutupi sebelum robot menjadi fitur permanen dari proses penanganan material di gudang. Sebagian besar berkaitan dengan fakta bahwa sektor teknologi robot membutuhkan lebih banyak perusahaan yang bersedia menginvestasikan waktu dan uang. dalam pengembangan bidang-bidang seperti peningkatan teknologi pegangan.

“Teknologi yang melibatkan robot untuk mengangkut barang sudah sangat berkembang,” tegas Lückmann. “Namun, solusi menggunakan robot untuk memegang atau mengambil barang masih dalam tahap awal.”

Semakin cepat teknologi diterapkan, semakin cepat gudang mulai menuai manfaat dari teknologi robotik yang lebih mudah diakses.

 

Tertarik memakai robot di gudang Anda?

 

Simak beberapa artikel untuk pertimbangan:

Aktivitas Robot di Zona Tanpa Manusia

Intip Gudang Berisi Ribuan Robot Mengemas Bahan Makanan

Seperti Apa Rasanya Bekerja Bersama Robot di Amazon Fulfillment Center?

 

 

Disadur dari WarehouseNews UK.