Mengurangi Biaya di Gudang Dengan 5 Cara Ini

Posted on

Mengurangi Biaya di Gudang Dengan 5 Cara Ini - JualGudang

Manajer atau pemilik gudang mana yang tidak mau dan tidak suka melakukan efisiensi untuk meningkatkan profit? Sekarang bisa mengurangi biaya di gudang dengan 5 cara ini.

Semua pihak yang berkepentingan dengan gudang menyadari betapa infrastruktur ini memegang peranan penting untuk meningkatkan pertumbuhan perusahaan. Sayangnya, tidak dapat dipungkiri kalau pusat distribusi dan penyimpanan barang ini juga salah satu penyedot anggaran terbesar yang dapat menghambat inovasi usaha.

Untuk itu mengurangi biaya di gudang menjadi tujuan yang sangat penting.

Anda dapat meraih sasaran penghematan gudang dengan 5 cara ini:

  1. Menilai ulang pencahayaan. Kondisi, jenis dan kapasitas serta area penyinaran lampu serta pengaturan suhu udara di dalam gudang merupakan hal yang paling sering terabaikan. Gunakan lampu hemat energi dan tahan lama berjenis LED. Atur posisi agar cahaya berpendar maksimal menerangi area yang penting. Jika perlu, lakukan otomatisasi berdasarkan sensor gerak atau pijakan tertentu di lantai.
  2. Mengoptimalkan ruang penyimpanan. Jangan ragu berinvestasi pada sistem penyimpanan. Gudang Anda akan lebih maksimal menyimpan barang jika didesain dengan baik.
  3. Investasi pada teknologi otomatisasi. Jika perusahaan Anda memiliki stok yang banyak dan beragam, sudah waktunya untuk memikirkan penggunaan teknologi otomatisasi. Kecepatan dan akurasi pengambilan dan penyimpanan barang akan meningkat sekitar 100-200% dengan penggunaan teknologi ini. Efisiensi berbanding lurus dengan profit.
  4. Beli alat bekas yang masih bagus. Bekas tidak selalu berarti rusak. Membeli perangkat bekas yang masih bagus dapat menghemat anggaran hingga 40%. Tidak perlu memburu peralatan gudang yang terbaru dan paling mutakhir, namun pastikan membeli dari penyedia yang dapat dipercaya.
  5. Gunakan alat bantu yang menyediakan laporan langsung. Tiba saatnya meninggalkan kertas dan pena atau metode perangkat lunak kuno seperti spreadsheet. Sekarang sudah banyak sistem manajemen gudang (warehouse management systems) yang dapat menghemat waktu dan uang dengan pengumpulan data otomatis, akses jarak jauh dan pelaporan sesuai permintaan manajemen demi mendukung pengambilan keputusan strategis.

Cara mana yang sudah Anda lakukan untuk mengurangi biaya di gudang?

Mau mencoba cara nomor berapa untuk segera Anda terapkan?

 

Baca juga artikel lain tentang efisiensi dan efektivitas gudang:

Konsentrasi Menyiapkan atau Membenahi Hal Ini Untuk Efisiensi Gudang

10 Cara Membuat Gudang Lebih Efisien

Ajari Satu Hal Ini Yang Hanya 1% Orang Melakukannya dan Menjadi Sangat Efektif Dalam Pekerjaan