Lakukan Pelatihan Ini Bagi Operator Forklift di Gudang

Posted on

Lakukan Pelatihan Ini Bagi Operator Forklift di Gudang - Tips - JualGudang

Pandemi belum selesai. Bisnis kembali beroperasi. Para operator forklift butuh pelatihan penyegaran untuk kembali pada performa tertinggi seperti sebelumnya.

RTITB, badan akreditasi pelatihan transportasi tempat kerja terkemuka di Inggris, mengungkapkan pentingnya pelatihan penyegaran bagi operator forklift di gudang.

“Untungnya, kami sekarang berada dalam situasi di mana banyak operasi yang dimulai kembali atau kembali ke kapasitas pra-penguncian, dan di mana banyak operator forklift yang telah cuti kembali bekerja,” kata Laura Nelson, Managing Director RTITB.

“Di samping pertimbangan seputar APD, kebersihan, dan jarak sosial, pemberi kerja juga harus memberikan pelatihan dan penilaian operator yang diperlukan untuk keselamatan, dan kepatuhan.”

“Ada beberapa cara bagi pemberi kerja untuk mendekati situasi ini agar tetap patuh dan menjaga keamanan karyawan,” jelas Laura. “Jika operator kembali bekerja setelah tidak menggunakan truk selama beberapa waktu, metode kepatuhan yang paling terjamin adalah dengan memberikan pelatihan penyegaran sebelum mengembalikan otorisasi mereka untuk beroperasi.”

“Atau, Anda dapat memilih untuk melakukan penilaian pada semua operator Anda sebelum otorisasi ulang dan memberikan pelatihan penyegar hanya untuk mereka yang tidak memenuhi kriteria penilaian,” lanjutnya, menjelaskan bahwa tindakan terbaik akan bervariasi, tergantung pada apa yang dapat dipraktikkan secara wajar dalam bisnis yang berbeda.

 

Pertanyaan Kunci

Untuk mengidentifikasi tindakan terbaik dan menilai risiko potensial saat operator forklift kembali bekerja, RTITB merekomendasikan bahwa pemberi kerja harus mempertimbangkan lima pertanyaan kunci.

  1. Apakah operator yang kembali bekerja memiliki kualifikasi atau relatif tidak berpengalaman?
  2. Apakah operator berada dalam lingkup kebijakan perusahaan yang ada (misalnya, apakah kebijakan kembali bekerja mengharuskan operator mendapatkan pelatihan ulang setelah empat bulan absen)?
  3. Apakah operator kurang percaya diri atau meminta dukungan ekstra?
  4. Apakah operator kembali memiliki riwayat pengoperasian yang buruk?
  5. Apakah instruktur yang kompeten atau organisasi pelatihan tersedia untuk membantu?

“Bagaimanapun pemberi kerja memilih untuk melakukan penilaian atau pelatihan penyegaran, mereka juga harus meningkatkan pengawasan dan pengamatan berbasis pekerjaan dari operator forklift setelah mereka kembali ke tempat kerja,” kata Laura. “Ini membantu memastikan kelanjutan kemampuan operasional yang benar pada saat keselamatan menjadi prioritas lebih dari sebelumnya.”

Pengusaha harus berbicara dengan operator untuk mengetahui bagaimana perasaan mereka tentang kembali bekerja.

Bagaimana menurut Anda? Siap melakukan pelatihan penyegaran bagi operator forklift?

 

 

Baca juga artikel lain seputar keselamatan kerja yang perlu Anda perhatikan:

Sistem Unik Ini Akan Menjaga Keselamatan di Gudang

Jawab Kuis Keselamatan dan Keamanan Kerja Gudang Ini

10 Tips Menjaga Keselamatan Pekerja Gudang