Volume Kargo Angkutan Laut Terus Bertumbuh

Posted on

Volume Kargo Angkutan Laut Terus Bertumbuh - JualGudang

Ini kabar baik. Biasakan selalu melihat yang baik dan bersyukur meski proyeksi dan angka tampak buruk. Namun tetap bersiap menghadapi kondisi terburuk. Bagaimana dengan volume kargo angkutan laut?

Tenang saja. Meski banyak berita tentang proyeksi tergerusnya volume kargo angkutan laut tahun depan karena tertekan potensi resesi global, sebagai pengusaha yang memiliki gudang Anda tetap patut bersyukur.

Raja Olot Saut Gurning, pakar kemaritiman dari ITS Surabaya memaparkan beberapa data dan fakta yang melegakan:

  • Menurut Kemenhub dan Indonesian National Shipowners’ Association (INSA), volume kargo tahun ini diperkirakan relatif meningkat dari angka 2,1 miliar ton menjadi sekitar 2,3 miliar ton.
  • Kenaikan tersebut terjadi akibat tetap kuatnya permintaan angkutan domestik karena dorongan konsumsi dalam negeri yang menguat.
  • Kondisi kapal niaga yang kelebihan kapasitas sekitar 15 persen dengan kuantitas sekitar 25.000 unit-26.000 unit  akan mendorong persaingan sehingga menurunkan potensi komersial operator pelayaran nasional khususnya untuk layanan luar negeri.
  • Potensinya tetap menjanjikan karena masih lebih besar daripada beban, problematika operasional dan komersial.
  • Pertumbuhan ekonomi terutama domestik di wilayah kisaran 5% diperkirakan akan menjadi penopang kuat pertumbuhan dan stabilitas bisnis maritim nasional secara nasional masih bisa mencapai sekitar dua kali dari pertumbuhan ekonomi nasional yaitu 10-11%.

Teruskan perbaikan di berbagai sisi gudang untuk meningkatkan efisiensi agar siap ketika lalu lintas di gudang menjadi sangat ramai karena banyaknya pesanan.

Selamat berjuang!

 

Baca juga artikel inspiratif lain tentang gudang:

Sepatu Kerja Terbaik di Gudang Harus Punya 10 Hal Ini

Menjaga Lantai Gudang Bersih dan Bebas Debu

10 Prinsip Desain dan Operasional Gudang Dari Pakar Gudang