Pameran INACRAFT - The EdGe

Kemenperin Fasilitasi IKM Kerajinan dan Wastra di Pameran Inacraft untuk Dongkrak Industri Kerajinan Tanah Air

Posted on

Industri kerajinan di Indonesia memiliki peran yang signifikan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dan memberikan kontribusi positif terhadap nilai ekspor industri manufaktur. Indonesia berhasil memegang market share hingga dua persen dari pangsa pasar produk kerajinan dunia, membuktikan potensi yang besar untuk pertumbuhan lebih lanjut.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA), Reni Yanita, menyatakan komitmen Kementerian Perindustrian dalam mempermudah dan memperluas akses pasar bagi pelaku industri kecil dan menengah (IKM). Fasilitasi diberikan kepada IKM kerajinan dan wastra untuk berpartisipasi dalam pameran tingkat internasional, salah satunya Pameran Inacraft.

“Pameran Inacraft berhasil menjadi ajang tampilnya produk-produk kerajinan unggulan Indonesia, baik dari segi desain, inovasi, berciri khas, dan memiliki kearifan lokal daerah, serta berorientasi pasar global,” ungkap Reni Yanita.

Sebanyak 12 IKM binaan telah difasilitasi oleh Ditjen IKMA untuk berpartisipasi dalam Inacraft 2024, yang diikuti oleh 1.500 pelaku UMKM atau IKM dari berbagai daerah. Pameran tersebut menjadi wadah yang memungkinkan para perajin untuk bertukar informasi, inovasi, serta mempromosikan produk mereka, baik dari segi desain maupun nilai budaya.

Reni Yanita menyampaikan bahwa produk kerajinan tangan Indonesia memiliki daya saing tinggi di pasar global karena kemampuan dan keterampilan perajin, serta keberagaman budaya nasional yang tercermin dalam produk mereka.

Selain memfasilitasi partisipasi dalam pameran, Kemenperin juga terus melakukan pembinaan terhadap IKM kerajinan melalui program bimbingan teknis, pendampingan, dan fasilitasi restrukturisasi mesin dan peralatan. Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sumber daya manusia, diversifikasi produk, serta peningkatan teknologi produksi.

Industri kerajinan di Indonesia memiliki potensi pertumbuhan yang besar dengan sebaran sentra industri kerajinan yang tersebar di berbagai daerah. Seiring dengan upaya pembinaan dan fasilitasi yang terus dilakukan, diharapkan industri kerajinan dapat terus berkembang pesat, memberikan kontribusi positif pada perekonomian nasional, dan memperkuat posisi Indonesia sebagai pemain utama dalam pasar global produk kerajinan.