Bagaimana Keselamatan di Gudang Meningkatkan Efisiensi?

Posted on

Manajer logistik dan rantai pasokan mungkin perlu bersiap untuk krisis berikutnya atau pandemi lainnya. Bagaimana menjaga keselamatan pekerja di gudang bisa berjalan beriringan dengan peningkatan efisiensi?

Saat ini, fleksibilitas jelas merupakan prasyarat yang krusial. Seperti yang kita semua lihat melalui pandemi Covid19, organisasi ingin berada dalam posisi yang memungkinkan untuk menyiapkan, merelokasi, atau mendesain ulang tempat kerja dengan cepat dan menanggapi kebutuhan pasar dengan gesit.

Apa yang harus dilakukan untuk memastikan keselamatan pekerja di gudang sambil meningkatkan efisiensi?

 

Cegah kebiasaan lama agar tidak membahayakan karyawan

Tujuan utama pertama adalah mencegah karyawan kembali ke kebiasaan lama yang dapat membahayakan mereka. Dalak kenormalan baru, perangkat pakaian pintar dapat memainkan peran penting dan memungkinkan jarak sosial di lokasi. Teknologi, seperti pemindai yang dapat dikenakan, misalnya dapat menyediakan aplikasi bagi organisasi yang dapat menghubungkan pekerja ke perangkat mereka.

Ide dasarnya cukup sederhana: aplikasi mendeteksi ketika pekerja terlalu lama berada di bawah jarak sosial minimum. Sebagai tanggapan, ini menghasilkan pesan bahwa perangkat yang dapat dikenakan dapat dikeluarkan sebagai kombinasi sinyal peringatan akustik, haptik, dan visual. Khususnya di lingkungan kerja yang sibuk atau bising, sinyal gabungan sangat membantu untuk menarik perhatian karyawan dan memperingatkan mereka. Jenis teknologi ini sangat cocok untuk membantu pekerja di jalur perakitan atau logistik dengan memberikan pengingat yang tidak rumit ini untuk menjaga jarak yang tepat.

 

Menghilangkan kemacetan proses akan meningkatkan keselamatan dan produktivitas

Hambatan muncul dalam proses perusahaan karena kondisi eksternal maupun internal. Misalnya, fluktuasi permintaan dan kondisi pasar yang dinamis merupakan tantangan utama untuk produksi. Selain itu, struktur kompleks dalam proses teknis, organisasi proses, dan logistik juga rentan terhadap kesalahan dan ketidakefisienan. Semakin kompleks struktur internal, semakin sulit untuk memahami di mana dan mengapa kemacetan terjadi. Waktu produksi yang lama, kualitas prakiraan yang diremehkan terkait permintaan, atau gudang yang terlalu penuh dengan barang setengah jadi, adalah contoh khas dari konsekuensi negatif yang muncul dari kemacetan – tetapi sering kali bukan rintangan itu sendiri. Oleh karena itu, sangat penting untuk menganalisis masalah asli apa yang berdampak pada area lain dalam produksi dan logistik.

 

Mengoptimalkan waktu throughput menguntungkan organisasi

Throughput sangat penting baik dalam produksi maupun logistik. Perhitungan waktu produksi dimulai dari penerimaan barang dan berakhir saat barang siap dikirim atau keluar dari area pengeluaran barang. Aliran material yang lancar dapat mengoptimalkan waktu produksi dan memastikan waktu pengiriman yang singkat. Optimalisasi throughput dimulai di gudang. Semakin lama waktu yang dibutuhkan barang untuk melewati proses tersebut, semakin tinggi biaya penyimpanannya. Hal ini juga berdampak pada modal yang diperlukan.

Bukan hanya pengurangan waktu produksi yang menawarkan nilai tambah bagi perusahaan. Kualitas juga memainkan peran penting dalam kesuksesan perusahaan. Dalam logistik, pengorganisasian melalui barcode dan pemindai adalah metode umum untuk mengidentifikasi produk dan posisinya di gudang dengan cepat dan mudah. Dengan menggunakan pemindai sarung tangan, yang juga memiliki tampilan terintegrasi di punggung tangan, komunikasi dengan karyawan lebih terkelola. Karyawan mengenakan pemindai langsung di atas sarung tangan kerja mereka dan tidak perlu terus-menerus mengambilnya. Ini lebih ergonomis daripada pemindai tradisional dan juga mengurangi cedera regangan tangan yang berulang. Selain itu, ini berarti, pemrosesan di terminal tidak lagi diperlukan, karena informasi dapat dikirim dan diterima langsung ke sistem back office, memungkinkan fleksibilitas yang lebih besar dan waktu tempuh yang lebih sedikit bagi pekerja.

 

Kesimpulan

Saat tim logistik dan manajer rantai pasokan bersiap untuk masa depan, di dunia yang didominasi oleh ketidakpastian dan Covid, kesehatan dan keselamatan tempat kerja menjadi semakin penting.

Teknologi, terutama perangkat yang dapat dikenakan, memiliki peran besar untuk dimainkan dalam menghubungkan tenaga kerja dan menjaganya tetap aman, produktif, dan efisien.

Apakah ‘perangkat yang dapat dikenakan’ adalah bagian dari strategi masa depan Anda saat berusaha menghubungkan tenaga kerja dan mendigitalkannya?

 

 

Simak juga artikel lain tentang gudang:

Pentingnya Ruang Gudang Berteknologi Lingkungan di Masa Depan

Teknologi Gudang Modern Untuk Otomatisasi di Gudangmu

7 Tips Menjaga Orang dan Barang di Gudang Saat Pandemi