Bulan K3 Nasional di Pupuk Kaltim - The EdGe

Pupuk Kaltim Perkuat Budaya Keselamatan dalam Rangka Bulan K3 Nasional

Posted on

PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim), sebagai pelaku industri pupuk dan petrokimia, menegaskan komitmennya dalam mengedepankan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Dalam peringatan Bulan K3 Nasional (BK3N), Pupuk Kaltim melibatkan karyawan dan masyarakat sekitar untuk memperkuat budaya keselamatan.

Budaya penerapan K3 di Pupuk Kaltim diawasi oleh Departemen K3, didukung oleh tim khusus seperti Tim Gugus Penanggulangan Kebakaran, P2K3, Tim P3K, Tim Evakuasi, Tim SAR, dan Safety Representatives dari setiap unit kerja. Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Pupuk Kaltim merujuk pada Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), sesuai dengan regulasi pemerintah dan standar ISO 45001:2018.

Dalam rentang waktu 12 Januari hingga 12 Februari 2024, Pupuk Kaltim secara khusus merayakan BK3N dengan tema “Budayakan K3, Sehat, dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlanjutan Usaha”. Melalui tema ini, perusahaan menekankan pentingnya keselamatan dan kesehatan dalam mencapai produktivitas optimal dan mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) ke-8.

Budi Wahju Soesilo, Direktur Utama Pupuk Kaltim, menyatakan bahwa perusahaan tidak hanya merayakan BK3N sebagai perayaan semata, melainkan sebagai langkah kolaboratif untuk menciptakan budaya keselamatan yang lebih baik. “Safety is Our Personality” menjadi semangat perusahaan dalam membudayakan K3 di setiap aspek operasionalnya.

Pupuk Kaltim telah menerima berbagai penghargaan dari Kementerian Ketenagakerjaan sebagai pengakuan terhadap komitmennya terhadap K3. Penghargaan Kecelakaan Nihil menjadi bukti prestasi, dengan lebih dari 53 juta jam kerja tanpa kecelakaan kerja sejak Februari 2016 hingga Desember 2022.

Perayaan BK3N Pupuk Kaltim mencakup sejumlah kegiatan, termasuk lomba lari, workshop Contractor Safety Management System (CSMS) bersama Kamar Dagang dan Industri (KADIN), lomba penyelamatan dan penanganan kebakaran, seminar kesehatan, konseling, dan tes HIV sukarela. Selain itu, perusahaan juga terlibat dalam lomba poster K3 untuk pelajar SMA, lomba video reels Instagram, dan kampanye keselamatan melalui siaran radio.

Dengan berbagai inisiatif ini, Pupuk Kaltim tidak hanya memprioritaskan keselamatan internal perusahaan tetapi juga memperkuat hubungan dengan kontraktor dan melibatkan masyarakat dalam pemahaman keselamatan secara menyeluruh. Perayaan BK3N akan diakhiri dengan pemberian penghargaan K3 dan peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebagai langkah menuju dekarbonasi.