Bincang PERSpektif Trakindo - The EdGe

Trakindo Dorong Transformasi Digital di Berbagai Sektor Industri Melalui Bincang PERSpektif

Posted on

PT Trakindo Utama, penyedia solusi alat berat Caterpillar di Indonesia, menggelar acara Bincang PERSpektif dengan tema “Transformasi Digital untuk Performa Bisnis Optimal.” Acara ini merupakan inisiatif Trakindo untuk mendukung percepatan transformasi digital di berbagai sektor industri, sekaligus mencari solusi terbaik agar industri terus berkembang di era disrupsi.

Dalam sambutannya, Chief Administration Officer Trakindo, Yulia Yasmina, menjelaskan bahwa Trakindo berkomitmen mendukung peningkatan produktivitas pelanggan. Dalam era disrupsi teknologi, Trakindo aktif berpartisipasi dalam mencari solusi terbaik bagi industri dengan menggelar Bincang PERSpektif sebagai platform diskusi rutin.

COO & Co-founder Corporate Innovation Asia Consulting (CIAS) M. Taufik Mardian menyoroti peran krusial transformasi digital bagi perusahaan dalam bersaing dan memberikan nilai tambah bagi pelanggan. Meskipun transformasi digital menjadi keharusan, Taufik menekankan bahwa memulainya bukanlah hal mudah. Peran manajemen sangat penting, terutama dalam membangun pemahaman dan meningkatkan keterlibatan karyawan.

Dalam konteks industri alat berat, Ketua Umum Perhimpunan Agen Tunggal Alat Berat Indonesia (PAABI) Etot Listyono menyatakan bahwa penerapan transformasi digital sangat penting. Hasil survei internal PAABI menunjukkan bahwa 100% responden setuju bahwa transformasi digital berhubungan dengan performa bisnis perusahaan, meskipun hanya 54% yang mengaku berhasil mengimplementasikannya secara maksimal.

Trakindo, sebagai perusahaan yang terus beradaptasi dengan kemajuan teknologi digital, memiliki aplikasi internal dan eksternal yang mendukung transformasi digital. Aplikasi tersebut mencakup digital solution, connectivity, dan productivity. Contohnya, Parts.cat.com untuk penjualan suku cadang resmi Caterpillar, VisionLink untuk manajemen unit alat berat, dan CAT Inspect untuk inspeksi.

Aplikasi THRU, yang mencakup perkembangan informasi dan administrasi perusahaan, juga telah dikembangkan untuk memaksimalkan potensi sumber daya manusia perusahaan. General Manager Human Resources Trakindo, Ferry M. Butarbutar, menjelaskan bahwa Aplikasi THRU memberikan kemudahan bagi lebih dari 7.800 karyawan Trakindo di berbagai wilayah Indonesia.

Melalui acara Bincang PERSpektif dan transformasi digital yang diterapkan, Trakindo berharap dapat menginspirasi perusahaan lain untuk memanfaatkan potensi teknologi. Mereka juga berharap acara ini menjadi wadah untuk berdiskusi, menambah pengetahuan, dan meningkatkan kesadaran bersama terkait transformasi digital, sehingga dapat memberikan manfaat yang optimal bagi perkembangan bisnis.