Pembayaran Sertifikasi Halal UMKM di BSI - The EdGe

BSI Mempermudah Pembayaran Sertifikasi Halal UMKM Untuk Mendorong Pengembangan Ekosistem Halal Nasional

Posted on

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus berkomitmen untuk memperkuat ekosistem halal nasional dengan inisiatif baru, yaitu mempermudah pembayaran sertifikasi halal bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui e-channel BSI.

Anton Sukarna, Direktur Sales and Distribution BSI, menyatakan bahwa langkah ini bertujuan untuk mendukung para UMKM yang menjadi mitra binaan agar dapat memperoleh sertifikat halal dengan lebih mudah. Pada tahun ini, BSI berencana untuk memfasilitasi 1.000 UMKM untuk mendapatkan sertifikat halal secara gratis.

Dalam upaya mempermudah proses sertifikasi halal, BSI menjalin kerja sama dengan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) dan Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) untuk memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM tentang pentingnya kesadaran akan kehalalan produk.

Anton menekankan bahwa BSI serius dalam mengembangkan ekosistem Islam, khususnya melalui sertifikasi halal. Sertifikasi halal dianggap sebagai langkah penting bagi UMKM untuk meningkatkan kualitas dan standar produk mereka. BSI berkomitmen untuk terus mendukung UMKM di Indonesia.

Dalam rangka memudahkan pelaku UMKM dalam mendapatkan sertifikat halal, BSI juga telah menjalin kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Kerja sama ini melibatkan layanan pembayaran sertifikasi halal melalui virtual account. Dengan demikian, nasabah BSI dapat dengan mudah melakukan pembayaran sertifikasi halal melalui nomor virtual account yang terintegrasi dengan aplikasi BSI mobile.

Anton menjelaskan bahwa lebih dari 70% pembayaran sertifikasi halal UMKM ke BPJPH saat ini dilakukan melalui BSI. Ini menunjukkan efektivitas dan keterlibatan BSI dalam mendukung UMKM dalam proses sertifikasi halal.

Selain pembayaran sertifikasi, BSI sebelumnya telah berkolaborasi dengan LPH dan LP3H, serta menyediakan berbagai layanan dukungan dan inovasi, seperti pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan non-KUR untuk UMKM halal. BSI juga terlibat dalam acara-acara bersama stakeholder industri halal, termasuk acara Jakarta Muslim Fashion Week 2024 (JMFW) dan Muslim Fashion Festival (Muffest).

Anton menyimpulkan bahwa BSI berusaha memberikan solusi menyeluruh bagi para pelaku usaha, dari pemilik usaha hingga pemasok dan pembeli. Dukungan kepada UMKM halal mencakup penguatan melalui berbagai kegiatan, pembinaan industri halal, hingga program-program unggulan seperti Talenta Wirausaha BSI dan Aceh Muslimpreneur. Dengan langkah-langkah ini, BSI berharap dapat memberikan kontribusi positif pada pengembangan ekosistem halal di Indonesia.