Kemandirian UKM Melalui Social Commerce - The EdGe

Ninja Xpress Mendorong Kemandirian UKM Melalui Social Commerce

Posted on

Ninja Xpress telah merilis hasil riset terbaru dalam Suara UKM Negeri Vol 4 yang membahas “Seluk Beluk Social Commerce di Indonesia”. Kolaborasi dengan Milieu Insight, riset ini melibatkan lebih dari 600 responden dari kalangan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang menjalankan bisnis online. Tujuan riset ini adalah memberikan wawasan mendalam mengenai pemanfaatan social commerce sebagai strategi untuk mencapai target pasar dan meningkatkan penjualan.

Social commerce merujuk pada platform yang berawal dari interaksi sosial dan kemudian dijadikan basis pengguna yang dapat di-monetize untuk kegiatan berjualan. Hasil riset sebelumnya, Suara UKM Negeri Vol 3, telah mengidentifikasi kelompok “E-Shopaholics,” yaitu konsumen online yang aktif dan terus-menerus berbelanja melalui platform digital. Data menunjukkan bahwa media sosial berperan sebagai mesin pencari utama bagi E-Shopaholics, yang cenderung berbelanja melalui berbagai platform, baik itu marketplace maupun media sosial.

Temuan ini selaras dengan riset “Bold Moves: Leading Southeast Asia’s next wave of consumer growth,” yang menegaskan bahwa media sosial bukan hanya platform berjejaring, tetapi juga fungsi sebagai sumber informasi yang memengaruhi keputusan pembelian.

Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer Ninja Xpress, menyoroti bahwa era digital adalah masa yang dinamis dan penuh transformasi, dengan perubahan yang sering terjadi. Dalam konteks ini, pelaku UKM disarankan untuk tidak hanya bergantung pada satu platform belanja online. Strategi multi-platform dianggap sebagai cara untuk meminimalisir dampak bisnis apabila terjadi isu atau perubahan di salah satu platform. Andi menekankan perlunya pelaku UKM mengembangkan situs online mereka sendiri dan memanfaatkan social commerce sebagai strategi untuk meningkatkan pendapatan.

Ninja Xpress telah merespons kebutuhan pelaku UKM dengan menyediakan layanan pembuatan website. Langkah ini bertujuan memberikan akses kepada pelaku UKM agar dapat memiliki platform sendiri yang mendukung pengembangan bisnis dan peningkatan penjualan melalui media sosial. Layanan tambahan berupa foto dan video produk juga ditawarkan untuk membantu meningkatkan relevansi konten dengan produk yang dijual oleh UKM tersebut. Dengan demikian, Ninja Xpress berkomitmen untuk mendukung kemandirian pelaku UKM melalui inovasi dalam pemanfaatan social commerce.