Produk Tembakau Alternatif - The EdGe

Mendorong Harm Reduction: Pelaku Usaha Dorong Pemanfaatan Produk Tembakau Alternatif

Posted on

Mendorong Harm Reduction: Pelaku Usaha Dorong Pemanfaatan Produk Tembakau Alternatif

Asosiasi pelaku usaha produk tembakau alternatif di Indonesia optimistis bahwa pemanfaatan produk tembakau alternatif, seperti rokok elektronik (vape), produk tembakau yang dipanaskan, dan kantong nikotin, dapat berperan dalam menurunkan prevalensi merokok di negara ini.

Ketua Asosiasi Ritel Vape Indonesia (Arvindo), Fachmi Kurnia Firmansyah, menjelaskan bahwa produk tembakau alternatif adalah solusi harm reduction (pengurangan bahaya) bagi perokok dewasa. Dengan menerapkan proses pemanasan dan bukan pembakaran, produk ini memiliki risiko kesehatan 90-95% lebih rendah daripada rokok konvensional, seperti yang ditunjukkan oleh penelitian ilmiah dari UK Health Security Agency.

Fachmi menyatakan, “Produk tembakau alternatif layaknya diperlakukan sebagai harm reduction untuk para perokok dewasa, seperti penggunaan gula rendah kalori untuk penderita diabetes. Implementasi harm reduction ini dapat menjadi langkah strategis dalam menekan prevalensi merokok dan penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan merokok.”

Beberapa negara, seperti Selandia Baru, Jepang, Swedia, dan Inggris, telah berhasil mengoptimalkan produk tembakau alternatif sebagai strategi untuk mengurangi prevalensi merokok. Kementerian Kesehatan Inggris bahkan meluncurkan program ‘swap to stop,’ yang memberikan perlengkapan rokok elektronik secara gratis kepada satu juta perokok dewasa dengan target menjadikan negara tersebut bebas asap mulai tahun 2030.

Fachmi berharap pemerintah Indonesia dapat merujuk pada negara-negara yang telah berhasil menerapkan produk tembakau alternatif sebagai langkah konkret untuk menurunkan prevalensi merokok. Dia juga mendukung upaya pemerintah dalam melakukan penelitian independen untuk menghasilkan kebijakan yang komprehensif.

Sekretaris Umum Asosiasi Personal Vaporizer (APVI), Garindra Kartasasmita, menambahkan bahwa masyarakat semakin menyadari risiko kesehatan akibat merokok, dan penggunaan produk tembakau alternatif dapat menjadi solusi untuk membantu perokok dewasa beralih dari kebiasaan merokok.

Garindra menekankan pentingnya akses informasi yang komprehensif tentang produk tembakau alternatif untuk mencegah penyebaran informasi keliru. Dia juga meminta pemerintah untuk menjadi lebih objektif terhadap riset produk tembakau alternatif agar masyarakat mendapatkan informasi yang akurat, yang pada gilirannya dapat menjadi dasar untuk pembuatan regulasi yang sesuai.