10 Tips Manajemen Persediaan Gudang Jilid 3

Empat tips terakhir dari rangkaian 10 tips manajemen persediaan gudang.

Belum baca jilid sebelumnya dari serial tips manajemen persediaan gudang?

Baca jilid 1 di sini.

Baca jilid 2 di sini.

 

Implementasikan Kontrol Kualitas

Hindari perbaikan kesalahan dengan memeriksa ulang pesanan Anda. Ini disebut Kontrol Kualitas (quality control). Proses ini menambah satu lapisan tanggung jawab. Biasanya dilakukan dengan memeriksa barang yang diambil dengan pesanan yang ada apakah cocok secara SKU dan kuantitasnya. Petugas Kontrol Kualitas juga sekaligus memeriksa apakah barang dalam kondisi baik atau rusak. Memastikan barang sesuai dengan apa yang diiklankan dan konsumen yang menerimanya akan senang. Pastikan salah satu veteran atau petugas gudang yang sudah bertugas cukup lama untuk mengurus hal ini.

Praktekkan Pemilihan Prioritas

Trik keren yang kami pelajari selama bertahun-tahun adalah menciptakan pesanan yang ditandai dengan warna tertentu atau daftar pemilihan yang akan menolong petugas gudang untuk memilih dan mengambil produk yang sesuai untuk konsumen besar Anda, tepat seperti prioritas berdasarkan warna yang telah ditentukan.

Selesaikan Dengan Tepat, Mulai Dengan Ketat

Berikan kesempatan pada kru gudang untuk menyelesaikan proses pemesanan dan membersihkan gudang sebelum jam kerja berakhir. Anda perlu menentukan waktu kapan harus berhenti memproses pesanan. Misalnya 30 menit sebelum waktu kerja habis. Alokasikan sisa waktu untuk bebersih. Di akhir jam kerja, gudang Anda akan tetap teratur dengan barang yang berada di tempat yang seharusnya. Bayangkan betapa cepat pekerja gudang akan membersihkan di akhir pekerjaan mereka jika mereka tahu bahwa sebentar lagi mereka akan pulang. Pasti mereka akan cepat-cepat menyelesaikan pekerjaan terakhir ini. Selain itu, gudang yang rapi dengan barang di posisi yang semestinya tidak akan memperlambat kerja para kru pada pagi hari.

Kerjakan Penyusunan Tugas di Gudang

Anda pasti tahu betapa rapinya perpustakaan, toko buku, rental film dan toko sepatu yang memiliki banyak stok untuk dipinjamkan atau dijual. Semuanya tersusun rapi, diberi kategori tertentu, ada label untuk memudahkan konsumen menemukan apa yang mereka cari. Sangat nyaman, bukan? Beri tanda dan label untuk menuntun pekerja gudang menemukan barang lebih cepat dan mudah, tanpa harus selalu bertanya pada pengawas tentang arah menuju ke barang yang sedang dicari.

 

Selamat mencoba tips manajemen gudang ini!

 

 

Disadur dari SKUVault.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *